Rabu, 01 Juli 2015

public speaking

6 Tips Agar Lancar Berbicara di Depan Umum

pembicara publik
1
Berbicara di depan umum memang tidak semudah yang dilihat. Saya ingat sewaktu SD dan SMP bagaimana berbicara di depan umum itu membuat jantung saya berdegup kencang dan ingin pingsan rasanya. Tetapi ternyata memang benar apa kata orang, semakin banyak kita mencoba, semakin banyak kita latihan, maka semakin terbiasa kita dan untuk berbicara di depan umum pun sekarang jadi aktivitas biasa, bahkan saya sukai.
Beberapa komentar rekan pembaca tulisan saya tentang tips dan trik berbicara di depan umum dan pembicara handal tidak jauh-jauh, “saya ingin bisa bicara di depan umum, bagaimana caranya?”. Tidak ada cara ajaib untuk bisa bicara di depan umum selain banyak berlatih. Ya, banyak berlatih, berlatih, dan berlatih untuk bicara. Semakin sering kita berlatih, semakin biasa pula jadinya kita untuk bicara di depan banyak orang. Namun, latihan keras tidak cukup namun perlu ‘cara cerdas’ yang bisa membuat kita menjadi lebih cepat jadi pembicara handal. Berikut akan saya share tipsnya.

Manfaatkan Teknologi

Saya senang sekali saat ini banyak orang yang sharing di berbagai media sosial tentang orang-orang hebat yang berbagi gagasannya di Youtube. Yap, manfaatkan Youtube untuk melihat bagaimana orang-orang hebat berbagi gagasan dan berbicara di depan umum. Beberapa contohnya seperti Steve Jobs, Jamil Azzaini, Tung Desem Waringin, bisa kita pelajari bagaimana teknik mereka berbicara hanya dengan melihat video mereka. Saya juga sering membuka channel TEDx yang menampilkan pembicara-pembicara keren dengan gaya khas dan keren juga. Saya banyak belajar teknik storytelling dari TEDx. Gunakan Youtube bukan hanya untuk hiburan, tetapi juga belajar public speaking, hehe…

Membuat Program

Jika Anda memang benar-benar ingin bisa berbicara di depan publik, Anda bisa memulai membuat program pengembangan mandiri untuk bisa bicara dengan mengajak teman dan berlatih public speaking di depan mereka. Jika Anda dalam suatu komunitas atau organisasi, tidak ada salahnya membuat program rutin dua pekanan atau bulanan yang memaksa Anda atau orang-orang tertentu bisa bicara di depan umum. Di CerdasMulia Training, seluruh jajaran staf mendapat giliran pekanan untuk presentasi dan bedah buku yang dapat mengasah bagaimana cara mereka berbicara di depan umum dengan tepat.

Visualisasi : Cara Favorit

Cara visualisasi terbukti ampuh untuk saya dalam mengontrol pembicaraan di depan publik. Saya biasa melakukan visualisasi terkait apa yang ingin saya katakan sebelum maju ke stage baik untuk seminar maupun training sehingga kita sudah membuat skenario terlebih dulu dan membayangkan bahwa audience sangat antusias dengan kita sehingga kepercayaan diri naik secara drastis. Visualisasikanlah cara yang unik dan kreatif yang bisa membuat audience menikmati apa yang Anda bawakan.

Direkam – Baik Suara Maupun Video

Kadang kita sudah merasa bahwa apa yang kita bawakan saat berbicara di depan umum sudah oke. Jika Anda takut menerima kritik atau saran yang tajam, rekamlah diri Anda saat berbicara di depan umum dan kritisi diri sendiri. Liat mana yang dapat ditingkatkan dan mana yang seharusnya dibuang.

Pointer adalah Sebuah Investasi

Jika Anda seorang yang ingin menjadi pembicara publik profesional, maka membeli sebuah pointer adalah investasi yang sangat layak. Memiliki pointer memudahkan Anda untuk lebih dinamis dalam membawakan materi ketimbang selalu dekat dengan laptop. Memiliki pointer juga dapat mengurangi gangguan saat Anda mengatakan, ‘next, next’ yang bisa sangat mengganggu.

Eye Contact

Jika Anda adalah orang yang baru belajar dan belum terlalu bisa ekspresif, maka cara paling mudah terkoneksi dengan audience adalah melakukan kontak mata. Cukup lihat mata, dahi, atau hidung seluruh audience Anda (jangan terfokus pada satu atau beberapa audience) dan berikan senyuman terbaik Anda. Hal ini akan melatih confidence dan membuat Anda merasa lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar